Rabu, 24 Agustus 2011

Sejarah Azai Nagamasa

Azai Nagamasa

Asai Nagamasa
A. Sejarah
Asai Nagamasa (1545-1573), gelarnya adalah Bizen no kami. Nagamasa dilahirkan di Istana Odani dan anak dari Asai Hisamasa (1524-1573) Daimyo kedua dari keluarga Asai. Tidak seperti ayahnya Hisamasa kurang berpengalaman menjadi pemimpin dari keluarga Asai, hal ini menyebabkan banyak istana jatuh ke tangan musuh. Asai pernah di nikahkan dengan seorang gadis dari klan Rokkaku, tetapi pernikahan itu gagal. Pelayan keluarga Asai setju untuk menurunkan Hisamasa dan menaikkan Nagamasa menjadi pemimpin, pada umur 15 tahun akhirnya Nagamasa menjadi pemimpin klan. Dia berhasil membuktikan diri menjadi pemimpin yang pantas bagi klan Asai, Di umur yg masih muda dia berhasil merebut kembali Istana Futo di tahun 1561. dan mengalahkan pasukan Rokkaku di pertempuran Norada. Setelah kesuksesannya, para pelayan mengatakan Nagamasa merupakan reinkarnasi dari kakeknya. Dia selanjutnya menyerang Mino dan bertemu dengan klan Saito. Rokkaku mengambil kesempatan ini untuk merebut Istana Sawayama di Omi, tetapi untungnya Nagamasa memberikan jumlah pasukan yg cukup untuk mengalahkan pasukan Rokkaku. karena bersebrangan dengan Oda Nobunaga dia akhirnya dinikahkan dengan saudara perempuan Oda yg bernama Oichi pada tahun 1564 untuk menghindari perpecahan / pertempuran.
Di tahun 1570 Nobunaga yg telah menguasai Kyoto menyerang keluarga Asakura di Echizen. walaupun telah menjadi saudara kerabat Nobunaga tetapi pertemanan dengan keluarga Asakura lebih kuat dari pernikahan itu sendiri menyebabkan Azai Nagamasa menolong Asakura dalam melawan Nobunaga. 
Asai NagamasaNagamasa akhirnya mendeklarasikan untuk melawan Nobunaga, pada pertempuran tersebut Nobunaga kalah akhirnya berhasil mundur karena bantuan Tokugawa Ieyashu. Nobunaga dan Ieyashu menyerang Odani pada tahun 1570 untuk mengurangi kekuatan lawan, yang menyebabkan Asakura harus mengirim bantuan untuk pasukan Nagamasa, hal ini menyebabkan pasukan Asakura kalah di pertempuran Anegawa, untuk membalas akan kekalahan tersebut Nagamasa dan Asakura akhirnya berhasil memenangkan pertempuran di Otsu dan membunuh saudara muda Nobunaga. Nagamasa tahu bahwa dirinya akan kalah bila melawan pasukan Oda dan Tokugawa, tapi dia tetap melawan Nobunaga. pada tahun 1571 dan 1572, karena kematian musuh terkuat Nobunaga, Takeda Shingen maka Nobunaga bisa fokus menyerang Omi dan Echizen dan juga pasukan Asakura mengalami krisis dan ini menjadi kesempatan bagi Nobunaga dan Tokugawa untuk menyerang mereka. Pada tahun 1573, Nobunaga menyerang Istana Sawayama yg dijaga oleh Isono Kazumasa. Kazumasa berhasil bertahan selama satu bulan dan akhirnya menyerah, Nagamasa merespon dengan membunuh Ibu dari Kazumasa yg dijadikan sandera. Nobunaga akhirnya berencana menyerang Odani untuk kedua kalinya. Mengetahui hal ini Nagamasa memerintahkan Oichi dan ketiga anak wanitanya kembali ke Nobunaga dan Nagamasa melakukan Seppuku bersama dengan anaknya. Salah satu anak dari Nagamasa menjadi selir Toyotomi Hideyoshi dan melahirkan Toyotomi Hideyori. Dia terbunuh di Istana Osaka pada tahun 1615.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar